Selasa, 24 Mei 2011

Award from Sarah Saskia

Donat Bulet.........
Sudah lama rasanya ku tak menjumpai mu.... kini saatnya beraksi kembali memenuhi space Donat Bulet dengan Award yang di berikan oleh Sarah Saskia. Award-nya adalah :

1) Thank and link to the person who awarded me this award,
2) Share 8 things about myself,
3) Pay it forward to 8 bloggers that I have recently dicovered.


Ayo kita mulai.....
"Num, gue ada Award ni dari Mba Chiku", ucapnya sambil mendengarkan penjelasan dosen di kelas.
"Award apa ceu? gak paham... lier aing...", dengan bodohnya gue nunjukin tampang jelek yang penuh ketidak tau'an.
"udah degh gampang kok, nanti gue share ke FB lo yaa ceu", ucapnya sambil berlalu.

Award apah sii?? bener-bener ora mudeng saya. Hho
sampai akhir yang di janjikan oleh si Ceu" Sarah datang juga contoh awardnya. Membuka mata dan hati untuk sejenak membaca isi tulisan ceu" di  http://sarsas.multiply.com/journal/item/152 mengenai Awardnya yang di berikan oleh Mba Chiku, membuat saya iri kenpa hanya Sarah mba?? aku  juga dong... ehhehe. Alasannya si simpel kenapa Mba chiku tidak memberikan Award ke saya, karena saya tidak aktif di blog yang sama dengannya jadi ceu" Sarah duluan degh yang dapat Award... errghhtt. Alhamdulilah ceu" Sarah mau melanjutkan Award ini ke saya, Arigato! Gracias! Danke! Thank! Merci!
Akhirnya datang juga saatnya untuk menuliskan semua perasaan ini tentang mu ceu" Sarah (Hhe). Tahun 2008 bulan Sepetember awal tahun pelajaran baru di kampus tercinta saat mengikuti Mata Kuliah PIP adalah awal pertemuan dengannya (so sweet). Saat itu gue masih belum mengenal jauh siapa Sarah, abstrak banget nii orang kaya wujudnya.. Hho (Kidding). Awal semester dimulai dengan masalah hampir terjerumusnya gue ke dalam aliran sesat saat itulah gue mengetahui lebih dalam siapa sosok sarah yang sebenarnya adalah big bos dari para penyebar aliran sesat... hihihi, bukan-bukan maksudnya teman yang sangat perhatian ke teman lainnya yang datang memberikan pertolongan saat temannya sedang mendapatkan masalah (Arigato ceu" big hug special for you). 

Jujur saat masuk ke jurusan TP gue pikir semuanya akan terasa membosankan, seperti awalnya. Merasa terasingkan dan gak nyaman dengan suasa di kelas dengan orang-orang yang terlihat menyebalkan dengan memandang aneh ke gue layaknya buronan seperti di komik one-piece yang di atas fotonya tertulis WANTED! hanya karena gue gak ikutan MPA waktu masuk kuliah (T_T). Pada awalnya memang terasa membosankan gak ada yang bikin gue semangat belajar disana, gak ada orang yang bisa menginspiransi gue, gak ada temen yang asik buat di ajak jalan tapi semua itu SALAH! Bersama cue" Sarah gue bertemu Gank Nero sahabat-sahabat terbaik gue di kelas sampai saat ini dan selamanya (Amin). 

Sarah Saskia, berasa bercermin banget kalau lagi ngobrol bareng sama dia, like a twins karena cukup banyak kesamaan antara gue dan dia. Cue" Sarah kalau bahasanya Pak Hirmana lo itu bagaikan pemantik api buat gue ceu, karena mengenal lo membuat gue semakin banyak bermimpi (Hhe), maklum gue ini adalah sang pemimpi sejati yang selalu memimpikan hal-hal yang ingin gue capai. Motivasi dan semangat mu ceu, juga menular pada diri ku... hho, mimpi-mimpi indah berawal dari cerita lo yang niat untuk menlanjutakan studi S2 keluar negeri, bikin gue iri dan minder. Yaa gue minder ceu, minder banget kok lo bisa dengan PD-nya mengucapkan ingin langsung melanjutkan S2 di Jepang? Haha dalam hati gue cuma bisa nyengir dan berangapan hanya bualan semata kaya-nya, tapi nyatanya lo ngucapin itu bukan hanya di bibir ceu tapi juga dengan semangat dan motivasi dari dalam diri lo yang kuat untuk mewujudkan tekad tersebut, dari itu gue belajar bahwa gue juga harus punya cita-cita yang tinggi seperti melanjutkan studi keluar negeri kemana ajah yang penting keluar dari Indonesia, sempat terlintas untuk melanjutkan ke Jerman karena lumayan suka bahasa Jerman, tapi pengen juga ke Jepang pengen keman-kemana degh karena hobi gue jalan-jalan. Sarah Saskia, a super girl yang selalu membuat gue terpacu untuk maju dan lebih semangat dalam segala hal atas dasar gak mau kalau eksis dari lo ceu.. (Hha). Bersama kita bisa ceu, mari terus merangkai mimpi-mimpi indah kedepannya dan tetap menjadi pematuk api yang dapat menginspiransi orang lain karena lo telah menginspiransi gue sampai saat ini.

Sarah Saskia teman berbagi yang menyenangkan banyak informasi baru yang gue dapet, mulai dari doktrin-doktrin film-film Jepang yang menginspiransi sampai tipe cowo yang pas sebagai pendamping... (Whhaha). Lumayan banyak isomorf yang gue dapat dari lo ceu, tapi sikap malas lo yang selalu menunda-nunda pekerjaan tidak akan pernah gue ikuti!!! buang jauh-jauh sikap itu dari hadapan gue.... !!! Sarah Saskiah sii penyemangat yang selalu memberikan semangat atas tugas yang ada tapi selalu dia yang mengerjakannya kepepet waktu terus karena terlalu sering membuang waktu, tapi herannya hasil yang ia kerjakan maksimal kok. Sedikit saran ajah nii ceu, ayo lebih semangat lagi dalam mengelola manajemen waktu mu yang ada, coba fikirkan bila lo bisa mengatur waktu untuk tugas mu yang ada dengan baik tidak kepepet mengerjakannya pasti hasilnya akan jauh lebih Amazing, bayangkan ajah ceu di saat kepepet ajah lo bisa dapat hasil yang maksimal apalagi kalau lo punya banyak waktu untuk semua itu, sedangkan gue harus membutuhkan banyak waktu gak bisa dengan waktu kepepet untuk mengerjakan tugas baru dapat hasil yang maksimal. GANBATTTTTTTTTEEEEE!!!

Alhamdulilah step pertama selesai, sekarang saatnya lanjut ke step kedua.....

8 hal tentang saya :

  1. Zakiah Hanum, ini adalah nama kesayang gue saat ini bangga bukan main memiliki nama ini, karena ini adalah doa dari kedua orang tua gue tercinta. Zakiah yang berarti perempuan yang pandai dan Hanum nama yang di dari kata Harum maksudnya dengan filosofi bahwa Zakiah Hanum adalah Perempuan yang pandai akan harum namanya di kenal oleh banyak orang yaa itulah filosofi dibalik pemberian nama gue doa yang begitu indah. Dulu waktu SD memang sempet minder dengan nama Zakiah dan marah-marah ke Alm. Papa kenapa aku di kasih nama Zakiah sii?? malu tau di ledekin sama teman-teman karena ada lagu dangdut Zakiah...zakiah... penari gurun pasir.... bllaaa...blaaa... tapi kini semua rasa malu itu sudah hilang mendengar penjelasan Alm. Papa tentang filosofi nama gue (^_^).Temen-temen TK, SD, SMP selalu manggil gue dengan sebutan Hanum sama dengan teman-teman kuliah, berbeda dengan panggilan dari temen-temen SMA gue yang manggil gue ZQ, zaky, jek, jak halah kaya tukang siomai ajah cuma karena penampilan gue yang seperti laki-laki gue jadi di panggil seperti itu tapi apa pun itu gx masalah kok. Owh iaa ada beberapa orang lagi yang pernah manggil gue dengan sebutan yang lain lo.. ehhehe temen gue di depok selalu manggil gue dengan sebutan "Za", selain itu ada lagi kenalan gue di Depok yang lain yang manggil gue "Kia", dan terakhir yang paling menyebalkan adalah panggilan dari para senior angkatan 2006 di TP yang manggil gue DONAT BULET!! dengan alasan gue bulet kaya donat... hoalah. 
  2. Gue anak ke 3 dari 4 bersaudara dengan 2 kakak perempuan dan 1 adik laki-laki yang paling ganteng. Kakak perempuan pertama  gue sudah menikah dan mempunya 2 anak perempuan yang masih kecil, kakak perempuan kedua gue saat ini masih sibuk meniti karir dengan pekerjaannya dan adik laki-laki gue yang paling ganteng saat ini masih sekolah SMA remaja yang sedang labil-labilnya. Kehidupan keluarga gue seperti keluarga pada umumnya gak jauh berbeda, namun memang hubungan antar saudara gue satu sama lain tidak terlalu erat sampai pada akhirnya Alm. papa sakit struk dan kami sering berkumpul bersama untuk menjaganya sekalian menjalin hubungan kakak beradik yang lebih harmonis sampai ajal datang menjemputnya. Kepergiannya menyadarkan kami agar bisa saling menjaga satu dan lainnya dan saat ini hubungan kami sebagai kakak beradik lebih harmonis dari sebelumnya, gue pun semakin sayang dengan keponakan-keponakan gue yang semakin rajin ikut gue shalat berjamah 5 waktu, gue makin sayang adik laki-laki gue yang semakin dewasa sikap dan pemikirnya, gue jadi semakin sayang kakak perempuan gue yang kedua karena iaa lebih warm abis biasanya cool banget, gue jadi semakin sayang kakak pertama gue yang selalu masakin gue makanan yang kini kondisinya sedang sakit karena baru saja menjalankan operasi pengangkatan empedu karena sakit batu empedu, terlebih lagi buat mama gak pernah berkurang rasa sayang gue walaupun sampai saat ini gue gak bisa mendekatkan diri untuk memeluknya tapi gue yakin suatu saat nanti pasti bisa. Buat Alm. Papa yang tenang disana yaa aku selalu berdoa untuk mu, aku bangga menjadi anak mu. Kami semua disini baik-baik saja dan selalu mendoakan mu.
  3. Gue ini termaksud shopaholic, yaa sebelum Alm. papa meninggal belanja adalah hobi gue. Penting banget buat gue belanja dalam sebulan gx pernah lupa dengan yang namanya belanja. Keterbatasan waktu untuk hang out ke Mall cuci mata belanja gak niat belanja gue surut, justru kegilaan gue belanja semangkin meningkat melalui online shop, buka kaskus liat forum jual beli order barang apa ajah yang gue liat menarik seperti jam tangan, baju, rok, sepatu, tas dll. Kini gue sadar kebiasaan buruk gue tersebut udah gak bisa terus-terusan gue lanjutin karena gue harus bisa mengelola pengeluaran gue untuk hal yang lebih bermanfaat sejak Alm. papa meninggal demi masa depan gue sendir karena gue gak mau menghancurkan masa depan gue sendiri hanya karena gila-gilaan menghabiskan uang untuk belanja bahkan saking gilanya belanja inget banget gue sampe ngutang-ngutang sama kakak gue.. ihihih. 
  4. Traveller, ini adalah hal yang paling gue suka. Jalan-jalan mau backpaker ampe koper gue jabanin yang penting jalan-jalan (Hho). untuk saat ini perjalanan gue masih sebatas pulau jawa, mau degh rasanya bisa keliling nusantara dan luar negeri kalau bisa (Amin). Pulau Jawa adalah sasaran pertaman gue untuk jalan-jalan, selain dekat karena memang hanya sebatas P.Jawa ajah gue bisa nebeng ikutan Alm. papa dinas keluar kota (Hha). Ada satu daerah yang paling seneng gue kunjungi di P.Jawa yaitu Yogyakarta. Yogya buat lebih menarik dibanding dengan Bali, mungkin karena memang gue suka melihat orang-orang Yogya dengan logat bicara-nya yang medok dan juga karena ada bakpia batok makanan kesukaan gue, saking jatuh cintanya dengan adat budaya yang ada di Yogya gue sampai berharap bisa dapet pasangan orang Yogya nanti-nya buat ngajarin gue bahasa jawa, toto kromo dan sopan santun serta kebudayaannya (Amin).
  5. Gue ini salah satu tipe orang yang paling suka mendengarkan orang lain bercerita. Gak tau kenapa gue ngerasa seneng ajah bila ada orang lain bercerita seputar perasaan yang sedang iaa rasakan karena itu membuat geu belajar mengenai berbagai karakter orang yang ada. Ditambah lagi dengan banyak menonton film Jepang dimana mereka bisa meluangkan waktunya untuk mendengarkan orang berbicara seperti film door to door dan film lainnya membuat gue semakin senang untuk mendengarkan orang lain berbicara itu sebabnya walaupun masih ada dosen yang mengajar gue dengan cara konvensional seperti ceramah itu semua gak masalah buat gue karena gue senang mendengarkan asalkan jangan di ulang-ulang terus aja karena itu akan membuat gue jengkel dan kesal karena sekali mendengarkan perkataan orang buat gue udah cukup teringat di otak gue jadi paling males kalau ada yang berbicara berulang-ulang.
  6. Sii emosional yang melankolis, yaa inilah gue siapa yang sangka sii perempuan denga sifat koleris kuat ternyata memiliki sifat melankolis yang dalam. Disuatu situasi gue bisa menjadi emosional dan keras kepala merasa yang paling perfect dan selalu mau jadi yang utama gak mau kalah dari yang lain dan selalu merapa PD dengan dirinya ternyata gue juga memiliki jiwa melankolis yang dalam, gue bisa merasakan persaan orang di sekitar gue lebih peka bila ia sedang ada masalah, gue bisa menjadi sosok yang minder, gue bisa menjadi mahluk melankolis yang hanya bisa menangis dan diam. Dua sifat yang bertentang ada di dalam diri gue, yaa memang ada beberapa orang yang memang memiliki kepribadian seperti tinggal bagaimana gue bisa mengelolanya dengan baik menempatkannya sesuai dengan situasi yang ada.
  7. Si pengamat, sebagaimanusia pasti akan merasa risih bila dirinya di amati. Tapi buat gue mengamati orang lain yang ada di sekitar gue adalah wajib (Hhe). Mengamati tingkah laku orang lain yang ada di sekitar kita itu menyengkan loh, gue baru menemukan kesenangan gue ini saat gue masuk kuliah berawal dari Bus Trans Jakarta yang sering gue naiki untuk ke kampus, karena sering lama menggu bus datang dan terkadang penuh bikin gue jadi senang mengamati orang-orang yang ada di sekitar gue. Banyak pelajaran yang bisa gue ambil dari hasil mengamati orang-orang di dalam Bus Trans Jakarta, kebanyakan anak muda dan orang-orang yang bekerja bila di dalam bus mengdengarkan MP3, banyak pria dewasa yang tetap duduk di bangku walupun melihat wanita berdiri di depannya, banyak ibu-ibu yang membawa anak kecil-kecil dengan usia yang berdekatan saat liburan dengan Bus Trans Jakarta, gerombolan anak sekolah atau teman kelompok yang saling bercengkrama bersama menghabiskan waktu sampai ke tempat tujuan, orang yang sibuk BBM-an FB-an or Twit yang autis sendiri dengan HP-nya sampai orang norak yang menerima telpon di dalam bus dan berbicara dengan suara keras menganggu yang lain. Manusia itu unik itu sebabnya gue suka mengamati tingkah laku orang lain.
  8. Anak bumi pertiwi, yaa gue bangga di lahirkan di tanah ini Indonesia, itu sebabnya gue suka kegiatan Paskibra dan Pramuka yang membangun rasa Nasionalis. Walaupun gue juga suka dengan negri-negri lain seperti negara-negara di dunia tetap ibu pertiwilah yang ku banggakan (Hho). Rasa bangga menjadi anak bumi pertiwi karena Indonesia yang luas dengan keadaan alam, budaya, sosial dll yang berbeda membuat gue bisa belajar lebih banyak dari bumi nusantara ini. Berbagai aspek kehidupan masyarakan mulai dari kehidupan religi, ekonomi, sosial, pendidikan dll yang beragam membuat gue banyak belajar menjadi manusia yang humanistik. Manusia yang bisa menghargai keberadaan manusia lainnya. Kehidupan Religi di bumi pertiwi ini membuat gue belajar, belajar bagaimana gue bisa toleransi anatar umat beragama karena sewaktu SMP dan SMA gue pernah sebangku dengan teman yang berbeda agama akrab bermain bersama tapi kita saling menghargai satu sama lain. Belajar mengenai kehidupan ekonomi di tanah ini yang belum merata membuat gue merasa beruntung dengan kondisi gue saat ini bila di bandingkan dengan yang lain, menyadari banyak saudara-saudara gue diluar sana yang lebih menderita menggugah jiwa sosial gue untuk dapat bergerak membantu mereka dengan sedikit sentuhan. Berawal dengan mengadakan kegiatan buka bersama anak-anak jalanan di Tosari saat SMA berlanjut dengan perayaan ulang tahun dengan tajuk berbagi bersama sesama dengan dan mengadakan acara buka bersama anak jalanan di Kampung Melayu membuat gue semakin membuka cakrawala yang luas tentang pendididkan. Bergaul dengan anak-anak jalanan dan pengemis, mendekatkan diri dengan mereka membuat gue belajar. Belajar mengetahui cara pandang mereka anak-anak jalanan tentang pendidikan. Bagi mereka bocah jalan yang ditempa oleh kerasnya kehidupan jalan yang terpenting bagi mereka hanyalah persaingan bagaimana bisa mendapatkan uang untuk mengisi perut mereka yang lapar, hanya itu tidak lebih jangankan sekolah membaca saja tidak bisa dan tidak pernah sedikitpun mereka berfikir untuk sekolah inilah cara pandang yang gue dapat dari para anak jalanan di wilayah Tosari. Lain Tosari lain Kampung Melayu, anak-anak jalanan di kampung Melayu memiliki cara pandang yang sedikit berbeda, setidaknya ada beberapa diantara anak-anak jalanan yang hidup disana itu mengenyam pendidikan. Mereka masih kecil-kecil yang paling besar paling yang sepantaran anak SMP, selebihnya anak-anak kecil seusia sekolah dasar yang perlu pendidikan. Saya senang dan bangga pada mereka karena cara pandang mereka yang berbeda, mereka ingin pintar mereka ingin sekolah dan ada di antara mereka yang selama sekolah di selalu menjadi juara kelas. Walaupun mereka mengamen dan mengemis untuk mengisi perut tapi mereka juga semangat untuk belajar terbukti saat saya datang hanya untuk mengunjungi mereka bocah kecil laki-laki langsung datang membaca buku, pensi dan meja lipat untuk belajar di ikutin dengan bocah-bocah lainnya. Senang melihat mereka masih mempunyai pandangan mengenai pendidikan, tinggal saatnya untuk terus bergerak mengobarkan semangat menjadi pemantuk api untuk ibu pertiwi.
Dan akhirnya sampai pada langkah terakhir....
Sya akan meneruskan tongkat estafet ini ke teman-teman inspiratif lainnya yaitu :
Penny
defitria
Michael
Mas Tarmudi
Nuning sii Dhorami
Angga

Selamat mengerkan dan terus menginspirans lewat tulisan-tulisan kalian

NB : Mohon maaf bila ada salah pengejaan, karena memang pengejaan saya agak sedikit sulit untuk dituliskan itu sebabnya saya menulis berlatih untuk mengeja tulisan dengan tepat.

Ganbatttttttttttte!.... Geist! fighting!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar