Sabtu, 23 April 2011

Roda yang berputar

Pernah dengerkan tentang istilah kehidupan itu seperti roda yang berputar, kadang ada di atas dan kadang ada di bawah?

20 tahun yang lalu gue lahir di ibu kota tercinta tanah ku Indonesia. Terlahir dalam keadaan fisik normal dan sehat adalah anugrah terindah yang Tuhan berikan. Tak Henti rasa syukur kepada-Nya atas pemberian yang begitu sempurna, terlahir sebagai manusia normal tanpa cacat fisik. Rasa syukur yang tak ternilai mengambarkan betapa beruntungnya diri ini karena dilahirkan oleh kedua orang tua yang memiliki pendidikan tinggi serta pekerjaan tetap yang membuat perekonomian keluarga kami dalam keadaan yang baik. 

Tumbuh menjadi bocah gendut yang mengemaskan setiap orang yang melihat membuat gue jadi malas ketemu orang karena setiap orang melihat pasti bilang ihhh gendutnya seraya dengan memberikan cubitan di pipi tembem ini. Sebagai manusia yang beruntung terlahir di keluarga ini gue dapat menempuh pendidikan pertama gue di TK Islam Tunas Cahaya. TK adalah pendidikan Formal pertama gue yang kurang menyenangkan. saat itu gue sering banget nangis di kelas sampai gak mau masuk kelas dan akhirnya bolos. Tapi ada satu temen laki-laki gue yang tak lain adalah anak dari temen nyokap yang selalu menemani gue, tapi boro-boro gue anggep dia ada tiap di ajak ngomong gue cuma bisa diam dan tertunduk. saking malasnya gue sekolah setiap ada kegiatan jalan-jalan di TK pasti gue dateng terlambat dan di tinggalin bus rombongan, nasib yaa nasib. kenangan indah gue waktu TK adalah dimana gue ikutan pendas nari hula-hula bersama 5 orang temen lainnya. selain itu gx ada lagi pengalaman yang menyenagkan di TK.

Usai menempuh sekolah formal di TK, alhamdulilah gue masih bisa melanjutkan pendidikan formal di SDN Kenari 09 Pagi. salah satu SDN bergengsi pada era 95-an di kalangan SDN di Jakarta Pusat. awal masuk SD yaa gak beda jauh sama TK masih malas sekolah sering bolos dan madol sampai-sampai sebulan tidak masuk sekolah dan hampir di keluarkan. untung nya k2 orang tua gue deket sama guru-guru di sekolah sehingga masih bisa meminta keringan dan membujuk pihak sekolah untuk tetap mau menerima gue. yaa itu salah satu masa kelam saat kelas 3 SD. Kelas 4 gue bisa lanjut belajar di SD tersebut dengan syarat gue harus berubah dan mau belajar gak boleh bolos lagi bilang gue tidak berubah maka dengan sangat terpaksa gue harus mencari sekolah lain.Disurh berubah gue bukannya sadar malah kembali cari perkara dengan menonjok teman sekelas gue cuma hanya karena main ceng"an. walah kembali masalah muncul dan peringatan ke orang tua pun datang kembali. yaa akhirnya janji pun kembali terucap untuk dapat berubah menjadi lebih baik dan tak mengulangi hal itu lagi. Di kelas 5 adalah saat pertama kalinya gue mendapatkan peringakat 5 besar wow amazing, dari kelas satu sampai 4 gue gx pernah mendapatkan peringkat di kelas kan jangan 5 besar 10 besar ajah tidak! yaa guru-guru gue pun percaya kalau gue bisa menepati janji dan berubah tetap mempertahankan posisi 5 besar sampai kelas V dan akhirnya lulus SD dan dapet SMP Negeri.

SMP yaa gak pernah terbayang gue bisa dapet SMP Negeri padahal waktu SD terlihat betapa tidak menghargainya pendidikan. SMP N 8 salah satu SMP Negeri di Jakarta Pusat yang terbilang lumayan dan tidak jelek-jelek amet. setidaknya gue masih lebih beruntung dibandingkan dengan temen-temen SD gue yang gx dapet sekolah negeri dan harus melanjutkan sekolah di Swasta. Tapi gue gx pernah berharap masuk SMP ini karena ego yang tinggi memandang teman dari penampilan dan latar belakang sosial ekonomi gue gx pernah mau main dengan sembarang orang dan gue masing menganggap sebagian besar temen sekolah gue cumalah orang kampung. tahun pertama gue belajar sama dengan tahun-tahun pertama saat gue sd. gue males belajar lebih seneng nongkrong dan main alhasil gx pernah dapet peringkat di kelas tapi alhamdulilahnya gue masih bisa naik kelas loh, gak tau apa yang orang tua lakukan. naik kelas 2 gue dapet wali kelas yang teryata tetangga nenek gue wow, gue harus belajar karena bakalan gawat kalau sampai nenek gue tau gue ini adalah murid yang bodoh karena wali kelas gue selalu memberitahukan perkembangan belajar gue ke nenek. yaa alhasil dengan kerja keras gue berubah karena tidak ingin membuat malu nama keluarga dan nenek gue mau gak mau gue harus rajin belajar dan akhirnya mendapatkan peringkat k4 di kelas, yaa walaupn bukan peringkat pertama sudah lumayanlah. naik kelas 3 kembali lagi pada dunia gelap pendidikan dengan pergaulan yang kurang baik, menikmati indahnya masa mudah dengan nongkrong-nongkrong kesana kemari. yaa walaupun kelam tapi alhamdulilah gue lulus UAN, dan nilai gue juga lumayan kok dan bisa di terima DI SMA negeri

welcome in SMA N 22... wow luar biasa sungguh anugrah yang tak terduga sampai saat ini pun Tuhan selalu memberikan ku yang terbaik. yaa betapa beruntungnya gue karena Tuhan selalu memberikan semua yang terindah. memberikan gue keluarga yang utuh, kehidupan yang nyaman dengan kondisi ekonomi yang mencukupi, memiliki sahabat-sahabat terindah di SMA dan memiliki pengalaman yang luar biasa membuat gue selalu belajar. SMA adalah masa paling indah masa coba-coba dan lain-lain. sekian tahun gue hidup baru pas kelas 2 SMA lah gue ngerasa memiliki teman sejati yaitu sahabat-sahabat luarbiasa biasa gue. di SMA ini jugalah gue banyak belajar pengalaman berorganisasi kenalan dengan banyak orang serta di SMA inilah gue mengenal Cinta dan mempunyai pacar. walaupun kondisi gue saat itu seperti laki-laki dan gx kalah ganteng sama pacar gue tapi gue bahagia karena ada pria yang menyukai gue apa adanya tanpa melihat fisik gue yang gendut dan seperti laki-laki. tapi urusan cinta di sma mahh gx terlalu penting buat gue yang terpenting adalah sahabat-sahabat gue. tiap hari kumpul bareng, jalan, makan, nonton dll selalu seperti itu sampai UAN datang tapi tidak ada rasa bosan menghadang. sampai akhirnya kami bekerjasama untuk belajar agar lulus UAN, sahabat-sahabat gue adalah orang-orang yang pandai karena kami semua lulus UAN sungguh indah sekali bisa tertawa bersama merayakan kemangan dan berpose bersama saat wisuda SMA.

Masa bahagia gua gx cuma sampai sana, gue ikutan SNMPTN bersama sahabat-sahabat gue dan alhamduliah Tuhan selalu sayang sama gue dan memberikan yang terbaik untuk gue, gue lulus SNMPTN woo amazing gue di terima di UNMUL jurusan ilmu komunikasi luarrrrr biasaaaa banget buat gue yang nyangka bakalan dapet. Tapi sayang saking sayangnya kedua orang tua gue sampe-sampe gue gx di bolehin untuk kuliah di luar kota dan alhasil geu ikutan Ujian Mandiri untuk masuk UNJ. yaa Tuhan memang baik, iaa pun memberikan jalannya untuk gue terus belajar. dan saat ini gue sedang mengenyampendidikan gue di jurusan Teknologi Pendidikan. Semester awal gue kuliah sangat memalukan karena ip gue kecil banget cuma 2,7 padahal temen-temen gue yang lain tinggi-tinggi. malu banget dan gue gx mau di cap sebagai anak bodoh gue pun terus belajar dan alhasil di semester 2 gue bisa dapet IP 3,7. alhamdulilah Tuhan memberikan gue jalan untuk berubah melalui teman-teman yang luar biasa di TP. Sampai semester-semester berikutnya pun gue bisa mempertahankan nilai-nilai gue sampai sekarang semester 6.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar